Kamis, 14 Juli 2011

Mengetik bahasa arab di Windows XP

Klik "START" => "Settings" => "Control Panel"


Double Klik "Regional and Languange Options"


Pilih tab "Languanges", berikan tanda centang pada "Install Files for Complex Script and ...." dan klik Apply, masukkan CD instalasi windows XP jika pada langkah ini si Windows minta CD installer, hindari jika windows minta Reboot karena akan memperlama proses setting.



Klik "Details..." dan pada jendela berikutnya klik "Add..."


Pilih "Input Languange" dengan "Arabic (Saudi Arabia)" dan klik OK.


Munculnya jenis keyboard pada jendela "Installed Service" menandakan jenis bahasa yang disupport oleh keyboard untuk pengetikan, klik OK hingga akhir dan bila perlu restart windows.




Perpindahan pengetikan dari bahasa Inggris(latin) ke bahasa arab dan sebaliknya dengan penekanan tombol Alt + Shift, ditandai dengan icon "Languange Bar" pada Taskbar yang berubah-ubah.

Pemberian harokat pada bahasa arab dengan menekan Shift + ... , misalnya ingin memberi harokat dhomah, yaitu dengan menekan Shift + E.

Berikut posisi karakter huruf arab pada keyboard.


Tips bagi anda yang ingin memasukkan bahasa arab saat chatting ataupun mengisi forum dan buku tamu, yaitu ketik terlebih dahulu di program aplikasi pengetikan , misalnya microsoft word ataupun Wordpad, lakukan copy paste untuk menyalin teks arab dari program aplikasi.

Setting keyboard agar berfungsi dalam mengetik bahasa arab ini juga berfungsi untuk mengaktifkan dalam bahasa lainnya, misalnya bahasa jepang, cina dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls